Breaking News

Jumat, 20 Januari 2017

Kekerasan Terhadap Anak Di Kotawaringin Timur Meningkat

Tentang Kalteng - Kasus tindak kekerasan terhadap anak di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah harus menjadi perhatian serius semua pihak karena setiap tahun terus meningkat secara signifikan. Hal ini disampaikan oleh Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kotawaringin Timur Forisni Aprilista.

"Sebenarnya dari dulu sudah banyak kasus, namun karena P2TP2A baru dibentuk dan banyak yang belum tahu, makanya sedikit yang meminta perlindungan kepada kami. Sekarang P2TP2A sudah mulai dikenal masyarakat, sehingga banyak laporan yang masuk untuk minta pendampingan," kata Forisni seperti dikutip Antarakalteng.com.

Forisni menyebutkan, sejak dibentuk pada 2013 lalu, P2TP2A secara serius menangani pengaduan kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Forisni yang juga Ketua LSM Lentera Kartini selama ini membantu perempuan dan anak korban kekerasan, melalui LSM yang dibentuknya bersama sejumlah aktivis perempuan di Kotawaringin Timur.

Menurutnya, jumlah kasus kekerasan terhadap anak yang dilaporkan ke P2TP2A setiap tahun terus meningkat. Pengaduan yang diterima pada 2014 sebanyak 18 kasus, rata-rata berupa kekerasan seksual terhadap anak, tahun 2015 sebanyak 25 kasus, dan sepanjang Januari hingga pertengahan Desember 2016 ini tercatat sudah ada 32 kasus.

"Umumnya adalah kasus kekerasan seksual dan kekerasan dalam rumah tangga, sehingga perlu kepedulian kita. Kalau tidak, kasus-kasus seperti ini akan terus berulang dan meningkat," kata Forisni lagi.

P2TP2A terus gencar melakukan sosialisasi kepada berbagai kalangan, khususnya kaum perempuan. Harapannya, kata dia lagi, kekerasan terhadap anak dapat diminimalkan sehingga anak-anak yang merupakan penerus bangsa nantinya dapat menjadi anak yang berkualitas.

Menurutnya, orang tua dan guru harus mempunyai pemahaman yang sama terhadap masalah ini, mengingat mereka memiliki peran besar dalam memberi perlindungan terhadap anak dengan menerapkan pola asuh yang baik terhadap anak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By